Wednesday, June 15, 2016

Galileo Ilmuwan Fisika dan Astronom dari Italia

Galileo adalah seorang illmuwan Fisika dan Astronom asal Italia
Nama lengkapnya Galileo Galilei, adalah seorang astronomi sekaligus ilmuwan fisika ternama di negara italia. Galileo lahir tahun 1564 dan meninggal tahun 1642 pada usia 77 tahun. Masa akhir hidupnya sejak tahun 1633 Galileo ditetapkan sebagai terpidana tahanan rumah oleh pengadilan gereja italia akibat mendukung pernyataan Copernicus tentang "matahari sebagai pusat tatasurya sedangkan bumi berbentuk bulat dan bergerak mengelilingi matahari", dimana pandangannya itu dianggap sesat dan menyalahi keyakinan ajaran agama katolik yang menganggap bumi sebagai pusat alam semesta yang berbentuk datar.

Namun pada tahun 1992, hukuman yang diberikan oleh agama katolik tersebut dianggap keliru dan mencabut status terpidana pada Galileo dan memutuskan bahwa pernyataan Galileo adalah benar. Pernyataan tersebut disampaikan resmi oleh Paus Yohanes II sekaligus merehabiltasi nama baik Galileo yang sejak saat itu resmi diberi gelar sebagai seorang ilmuwan Italia.

Biografi Galileo

Galileo dilahirkan dari sebuah keluarga yang kekurangan, ayahnya Vincenzo galilei adalah seorang ahli matematika. Kecerdasan Galileo sudah tampak sejak kecil, dia pernah menjadi mahasiswa di pisa university tetapi tidak selesai karena masalah biaya, tetapi karena kecerdasannya dia ditunjuk menjadi pengajar matematika di universitas tersebut pada tahun 1589 dan diangkat menjadi profesor matematika. Tetapi karena kritikannya terhadap aristoteles dia terasingkan dilingkungannya, sehingga setelah tiga tahun mengabdi beliau pindah mengajar ke universitas Vadua sampai tahun 1610, disana beliau mengajarkan ilmu mekanika, geometri dan astronomi. Selama tenggang waktu itulah beliau banyak menghasilkan berbagai penemuan, seperti ilmu gravitasi, dasar termometer dan hukum gerak. Beliau meninggal di kota Arcetri pada tahun 1642 tepatnya tanggal 8 Januari.

Penemuan di bidang Astronomi

Dari penelusuran beberapa referensi ternyata Galileo bukanlah penemu pertama teknologi teleskop, karena teleskop ini sudah ada sebelum jaman galileo dan digunakan untuk mengamati objek dari jarak jauh. Fakta sebenarnya Galileo adalah penyempurna teknologi teloskop, sekitar tahun 1609 dia berhasil membuat teleskop tercanggih saat itu yang bisa memperbesar pandangan 32kali lipat, penemuan inilah sehingga telescop tersebut dikenal sebagai telescop galileo.

Dengan menggunakan teleskop buatannya tersebut, Galileo melakukan penelitian alam semesta dan berhasil menemukan adanya planet jupiter yang memiliki banyak bulan yang mengelilinginya, dan planet jupiter ini memiliki orbit yang bergerak mengelilingi matahari. Galileo juga menemukan bentuk bulan adalah tidak rata tetapi terdapat gunung-gunung dan lembah, penemuan Galileo ini bertentangan dengan pernyataan aristotele yang menyatakan bahwa bentuk bulan adalah rata seperti bola.

Terakhir pada tahun 1612, Galileo berhasil menemukan benda angkasa yang dianggap bintang redup, tetapi hasil penelitian para ilmuwan setelahnya diketahui bahwa penemuan Galileo tersebut adalah sebuah planet neptunus.

Buku karya Galileo

  • Saggiator pada tahun 1622 yang mulai dicetak dan dipublikasikan pada tahun 1623
  • Dialogo sopra i due massimi sistemi del mondo yang terbit pada tahun 1632
  • Discorsi e dimostrazioni matematiche, intorno à due nuove scienze diterbitkan pada tahun 1638
Note: Galileo mengagumi seorang ilmuwan sekaligus astronom asal Jerman atas penemuannya tentang pergerakan planet-planet.

Referensi:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Galileo_Galilei
  2. http://www.biographyonline.net/scientists/galileo.html
  3. Justus Sustermans [Public domain or Public domain], via Wikimedia Commons. https://commons.wikimedia.org/wiki/File%3AGalileo.arp.300pix.jpg


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment