Friday, June 17, 2016

James Watt Ilmuwan Mekanik Penyempurna Mesin Uap dari Skotlandia

James Watt adalah seorang ilmuwan yang berhasil menyempurnakan teknologi mesin uap.
James Watt
Nama lengkapnya James Watt, dikenal sebagai orang yang menemukan mesin uap, di lahirkan dinegara Skotlandia pada tahun 1736, hasil temuannya ini sangat berperan penting terhadap revolusi industri di eropa pada saat itu.

Hasil penulusuran penulis ternyata James Watt bukanlah yang pertama kali menemukan mesin uap, akan tetapi beliau menyempurnakan teknologi mesin uap yang sudah ada yang dibuat pertama kali oleh Thomas Newcomen, saat itu Thomas Newcomen menciptakan mesin uap untuk mesin pemompa air, akan tetapi teknologi mesin uap buatan Thomas itu kurang efesien dan boros bahan bakar. Setelah melakukan penelitian dan percobaan terhadap mesin uap Thomas Newcom selama kurang lebih 5 tahun sejak tahun 1764,  maka pada sekitar tahun 1769 James Watt berhasil mendapatkan hak paten atas mesin uap ciptaannya yang diklaim lebih hemat energi dengan penggunaan sedikit bahan bakar dan mencegah kerugian uap air.

Mesin Uap Jame & Boulton
Sekitar tahun 1775 James Watt bermitra dengan Matthew Boulton, dia adalah pemilik perusahaan rekayasa engginering di Birmingham dan mulai memproduksi mesin uap sehingga perusahaan tersebut menjadi besar seiring dengan permintaan mesin uap dari beberapa pabrik untuk keperluan mesin kertas, mesin untuk produksi tepung, dan pabrik besi, bahkan mendapat pesanan untuk mesin kanal saluran air. sehingga mereka terpilih menjadi orang terkaya.

Tahun 1800 James Watt memilih pensiun dari perusahaan dan mengabdikan diri kembali menjadi peneliti, sampai akhirnya menghasilkan beberapa temuan baru seperti; indikator uap yang mampu mencatat tekanan uap pada mesin, mesin rotari, dan mesin berkekuatan ganda.

Sebagai penghargaan atas penemuan-penemuannya nama Watt diabadikan sebagai satuan nilai untuk besaran daya. James Watt tutup usia tahun 1918 pada usia 83 tahun.

Referensi:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/James_Watt
  2. http://www.biographyonline.net/scientists/james-watt.html
  3. Henry Howard [Public domain], via Wikimedia Commons. https://commons.wikimedia.org/wiki/File%3AJames_Watt_by_Henry_Howard.jpg


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment