Thursday, June 16, 2016

Thomas Alva Edison, Pengusaha Sukses dan Penemu dari U.S.A

Thomas Alva Edison, Pengusaha Sukses dan Ilmuwan U.S.ANamanya Thomas Alva Edison, lahir dikota Milan, Ohio, A.S. pada tanggal 11 Pebruari 1847. beliau terkenal sebagai pengusaha sukses dan seorang ilmuwan yang menemukan teknik produksi masal atas produk-produk hasil temuannya. Sebagai seorang pengusaha pada tahun 1890 dia mendirikan sebuah perusahaan General Electric yang bergerak dibidang multi teknologi dan jasa, tercatat pada tahun 2011 General Electric merupakan perusahaan terbesar ke 4 di dunia.Sedangkan sebagai seorang ilmuwan Thomas berhasil menciptakan lebih dari 1000 produk temuannya, dan tercatat memiliki 1093 hak paten atas nama dirinya. beberapa penemuannya yang populer adalah Lampu pijar, Gramofon, Proyektor dan untuk keperluan militer Thomas Edison juga menciptakan alat pendeteksi kapal selam, pesawat terbang, dan banyak lagi hasil penemuannya.

Riwayat Hidup

Semasa SD Thomas dianggap bodoh dan selalu mendapatkan nilai buruk, oleh karena itu dia dikeluarkan dari sekolah dan banyak belajar sendiri dirumah dibimbing ibunya, Thomas edison kecil sangat senang membaca buku-buku ilmiah dan terkadang membuat percobaan sendiri untuk mempraktekan materi dari buku-buku yang dibacanya. Untuk membantu kehidupan keluarganya yang pas-pasan, Thomas yang waktu itu berusia 12tahun mulai berbisnis berjualan koran, buah-buahan dan kembang gula didalam kereta api.

Tahun 1863 pada usia 16 tahun Thomas Edison mulai meniti karir dengan bekerja diperusahaan kereta api sebagai operator telegraf untuk mengirim dan menerima informasi lalulintas kereta api. Telegraf waktu itu hanya berisi pesan nada ketukan panjang dan pendek, Thomas Edison mencatat kode ketukan itu dan menulisnya sebagai kode titik dan garis strip yang dikenal dengan sandi morse, kemudian diterjemahkan dan ditulis pada kertas.

Sejak kecil Thomas Edison memiliki masalah pendengaran, tidak ada keterangan pasti penyebab edison kurang mendengar, oleh sebab itu dia agak kesulitan mendengar nada ketukan dari mesin telegrafnya. Selama enam tahun berkarir menjadi operator telegraf, Edison berkeliling ke setiap kota di Newyork. masa itulah Edison banyak mendapatkan ilmu dan wawasan mengenai telegraf yang saat itu masih banyak kekurangannya, dan berkat kecerdasan maka tahun 1970 dia berhasil menyempurnakan mesin telegraf menjadi lebih baik yang di berinama Quadruplex Telegraf. Mesin telegraf buatan Thomas tidak hanya mengeluarkan nada ketukan saja tetapi langsung mencetak sandi kode morse memalui kertas, dan kecanggihannya mesin telegraf mampu mengirim 2 pesan secara simultan sehingga menambah kecepatan pengiriman dan penerimaan informasi. 

Selama tahun 1870 s/d 1875 Thomas Edison bermitra dengan Western Union yaitu perusahaan yang mendominasi mesin telegraf yang saat itu mendapat banyak pesanan Quadruplex telegraf untuk mengganti mesin telegraf yang lama, Thomas dibayar $10ribu, sehingga dia mampu mendirikan sebuah laboratorium ilmiah pertama didunia saat itu. Dari lab inilah Thomas berhasil mengembangkan Quadruflex sehingga mampu mengirim 4 pesan sekaligus secara simultan. Namun sial bagi Western Union, saingan terkuatnya yaitu Jay Gould seorang pemodal gedung wall street dan railrood baroon membeli telegraf terbarunya tersebut dengan harga $100ribu dalam bentuk uang tunai, saham dan obligasi. dan itu adalah bayaran termahal terhadap suatu temuan kala itu.

Temuan lainya Thomas Edison berhasil membuat Gromofon pada tahun 1877, dilanjutkan pada tahun 1879 berhasil menciptakan lampu pijar, dan pada tahun 1882 dia mendapat pilot projek pemasangan lampu jalan sejauh 1km di kota Newyork. Tahun 1890 Thomas Edison mendirikan Perusahaan General Electric.

Referensi:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Thomas_Alva_Edison
  2. http://www.biographyonline.net/scientists/thomas-edison.html
  3. By Louis Bachrach, Bachrach Studios, restored by Michel Vuijlsteke [Public domain], via Wikimedia Commons. https://commons.wikimedia.org/wiki/File%3AThomas_Edison2.jpg


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment