Friday, June 24, 2016

Larry Page dan Sergey Brin Pendiri dan Pemilik Google Inc.

Larry Page

Larry page lahir di Lansing, Michigan pada tanggal 26-3-1973 adalah putra dari pasangan Garl Page (ayahnya) seorang ahli komputer dan Gloria (ibunya) sebagai programmer komputer, keduanya bergelar profesor Ph.D di Universitas Michigan sebagai ahli komputer. Larry Page lulus kuliah di Universitas Michigan jurusan teknik komputer dan berhasil meraih gelar Sarjana pada tahun 1993, kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Stanford dan memperoleh gelar Master bidang ilmu komputer. Larry Page bersama sahabatnya Sergey Brin adalah pencipta mesin pencari Google yang kemudian pada tahun 1998 dikokohkan menjadi perusahaan Google Inc. yang bergerak dibidang produk jasa internet. dan sampai saat ini Google Inc. menjadi perusahaan produk telekomunikasi dan jasa internet terbesar nomor satu di dunia, yang mengantarkan mereka menjadi orang terkaya di dunia. Larry Page menjabat sebagai CEO pada Google Inc. dan Tercatat kekayaan pada tahun 2008 mencapai $15,8 Biliun. menempati posisi ke 27 orang terkaya di dunia. Fantastis......



Larry Brin and Larry Page adalah pendiri dan pemiliki google Inc.
Sergey Brin and Larry Page

Sergey Brin

Sergey Mikhailovich Brin atau sering disapa Sergey Brin adalah Pria kelahiran Moskow, Unisoviet pada tanggal 21 Agustus 1973. Dia adalah putra dari pasangan Mikhail Brin (ayahnya) dan Evgenia Brin (ibunya), keduanya adalah ahli matematika lulusan Universitas Moskow. Mereka pindah ke Amerika pada tahun 1979 pada saat Sergey Brin berusia 6 tahun. Pada tahun 1990, Sergey Brin diterima kuliah di Universitas Maryland sebagai mahasiswa matematika dan komputer dan lulus sebagai sarjana pada tahun 1993. Pada tahun tersebut juga Sergey Brin mendapat beasiswa dari National Science Fondation untuk melanjutkan kuliahnya di Universitas Stanford sehingga berhasil mendapatkan gelar Master pada bulan Agustus 1995. Jabatan Sergey Brin adalah sebagai presiden teknologi pada Google Inc. dia terdaftar sebagai orang terkaya ke 26 di dunia dengan nilai kekayaan lebih dari $18,7 Biliun. Hebatttt.......

Awal pertemuan

Sergey Brin (22 tahun) dan Larry Page (21 tahun) pertama bertemu pada tahun 1995 saat kuliah di Universitas Stanford. Gosipnya mereka tidak saling suka saat pertama ketemu, tetapi akhirnya mereka bekerjasama melakukan penelitian dalam mengolah struktur data komputer skala besar, untuk menentukan PageRank pada teknologi mesin pencari Google, sampai akhirnya mereka menghasilkan sebuah karya tulis yang berjudul " The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine ". Akhir dari perjuangan mereka berhasil mendirikan Perusahaan Google Inc. dan memegang saham masing-masing sebesar 14%.

Sejarah singkat Google Inc.

Sebenarnya teknologi mesin pencari sudah ada dan sempat populer sekitar tahun 90an, akan tetapi sistem yang sudah ada ini memiliki kekurangan terutama dari sistem pencarian yang kurang efektif dimana harus memasukan beberapa kali keyword untuk mendapatkan halaman yang dimaksud oleh pengguna. dari situlah mereka tertarik untuk mengembangkan teknolgi mesin pencari yang lebih baik. Awalnya Mesin pencari ciptaan Page dan Brin diberinama "BackRub" yang numpang pada server milik Stanford, sehingga nama domain yang dipakai saat itu adalah "google.stanford.edu". Teknologi yang diterapkan adalah sistem Page Rank, dimana saat pengguna memasukan keyword maka akan ditampilkan halaman-halaman yang memilki backlink paling berhubungan sesuai peringkat pada mesin pencari.

Pada tahun 1997 tepatnya pada tanggal 15 September, mereka merubah domain milik sendiri dengan nama google.com. dibawah bendera perusahaan Google Inc yang mereka dirikan di Menlo Park, California, pada tanggal 4 September 1998, yang dipatenkan pada tahun 1999.Belum berumur 1 tahun, sekitar akhir tahun 1998 Google sudah memiliki indeks lebih dari 60 juta halaman.

Kantor Google berpindah tempat ke Palo Alto, California pada tahun 1999 di bulan Maret. dan sejak saat itu Google banyak menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan untuk menampilkan iklan produknya pada setiap halaman web, bisnis ini salah satu pendapatan keuangan terbesar untuk Google. pada tahun 2003 Google berpindah lagi menyewa sebuah gedung perkantoran milik Silicon Grafik di Mountain View, California, dan gedung tersebut terkenal dengan nama GoogleFlex. Sejak saat itu sampai sekarang kantor Google Inc. menetap disana karena pada tahun 2006 Google membeli gedung tersebut seharga $319 Juta.
Google Flex adalah komplek perkantoran milik googel Inc.
Google Flex

Sampai saat ini google telah memiliki lebih dari 1Juta server yang terebar diseluruh dunia, dengan proses permintaan data lebih dari 1 Milyar pencariaan data perhari. dan layanan yang paling banyak diakses oleh pengguna adalah Youtube dan Blogger milik Google.

Google Inc. mempunyai misi perusahaan untuk mengatur informasi sedunia yang dapat diakses secara umum dan berguna. ( "to organize the world's information and make it universally accessible and useful"), dengan slogan "Don't be evil". Sejak 2 Oktober tahun 2015 Google Inc. berubah kedudukannya menjadi anak perusahaan dari Alpabhet Inc. yang didirikan untuk Restrukturisasi perusahaan dan dijadikan sebagai perusahaan induk.


Source info search from:
https://en.wikipedia.org/
Free image : By. Coolcaesar di Wikipedia bahasa Inggris
https://commons.wikimedia.org/wiki/File%3AGoogleplexsouthsidesecondangle.jpg
 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment